Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota di Baitul Maal Wa Tamwil
DOI:
https://doi.org/10.55120/iltizamat.v3i1.1722Keywords:
Pelayanan, Loyalitas, BMTAbstract
Pelayanan yang baik dan optimal akan berdampak pada loyalitas anggota untuk selalu konsisten tidak beralih ke lembaga keuangan lain, anggota akan selalu menggunakan produk atau jasanya dan pada nantinya akan merekomendasikan kepada orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket penelitian yang diberikan kepada 60 anggota produk tabungan umum syariah di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo. Dan teknik analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi (R), koefisien determinasi, model regresi, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap loyalitas anggota. Tidak semua sub variabel kualitas pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas anggota. Variabel bukti fisik, daya tanggap, dan jaminan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Dan dari lima sub variabel kualitas pelayanan yang mempunyai besaran pengaruh paling dominan adalah variabel empati dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,364.
Downloads
References
Adam, Muhammad. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Andreas, Caesar. (2016). ”Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (5) Mei.
Arzena, Deby Meigy. (2013). “Pengaruh Kepuasan atas Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Muaro Padang”. Jurnal Manajemen. 2 (2).
Asnawi, Nur, & Masyhuri. (2009). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Malang Press.
Azizah, Hilyatul. (2012). “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah”. Management Analysis Journal. 2 (2).
BMT UGT Sidogiri, “Sekilas Sejarah”, dalam https://www.bmtugtsidogiri.co.id/tentang-kami-6.html, diakses tanggal 10 April 2018.
Ciputra UCEO, “Kualitas Pelayanan: Dimensi dan Cara Mengukurnya”, dalam http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya, 1 April 2018.
Cokrohadisumarto, Widiyanto bin Mislan, dkk. (2016). BMT: Praktik dan Kasus. Jakarta: Rajawali Pers.
Irianto, Agus. (2004). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan & Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (t.th). Manajemen Pemasaran jilid 1, ed-13. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Robert, & Budi Yuniarto. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana.
Kurniawati, Kezia, & Kartika Imasari Tjiptodjojo. (2015). “Peranan Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Manfaat Atribut Produk Simpati)”. Jurnal Manajemen. 14 (2).
Lumempow, Natalia Ribka, dkk. (2015). “Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mandiri Tbk Cabang Bahu Mall Manado”. Jurnal EMBA. 3 (3).
Mardalis, Ahmad. (2005). “Meraih Loyalitas Pelanggan”. BENEFIT. 9 (2).
Maswar, dkk. (2017). Teknik Analisis Korelasi dan Regresi untuk Penelitian Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Dilengkapi dengan Penggunaan SPSS 23 dan Eviews 8.1. Surabaya: Pustaka Radja.
Merdian, Wili Andri. (2007). “Analisis Pengaruh Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Skripsi – USD. Yogyakarta.
Murti, Sally Garar. (2013). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah (Survei pada nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Pasuruan)”. Jurnal Administrasi Bisnis. 5 (1).
Naisaburi (An), Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi. (t.th). Shohih Muslim, juz 2. Beirut: Darul Fikr.
Nawawi. (2014). Metode Penelitian Hukum Islam. Malang: Genius Media.
Rafidah. (2014). “Kualitas Pelayanan Islami pada Perbankan Syariah”. Dosen Ekonomi Islam. 10 (2).
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2007). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
RI, Departemen Agama. (2008). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit J-ART.
Shaefah, Milkhahtus. (2016). Pengaruh Keakraban dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Produk Simpanan Idul Fitri (Studi Kasus di BMT Matra Pekalongan Tahun 2013-2015). Skripsi. STAIN Pekalongan.
Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Soemitra, Andri. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-------------. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherly. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BNI Syariah Cabang Cirebon. Skripsi - IAIN Syekh Nurjati. Cirebon.
Supranto, J. (2001). Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. ed-4. Yogyakarta: Andi.
---------------------. (2006). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Mansur, U. (2018). “Studi analisis manajemen risiko pembiayaan mudharabah di BMT Sidogiri cabang Bondowoso”. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan. 7 (1).
Ubaidillah, U. (2023). “Hilah dalam Jual Beli pada Sistem Al-Ijarah Al-Muntahiya Bit Tamlik Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus BMT UGT Nusantara Capem Pujer)”. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan. 12 (1).
Ubaidillah, U. (2023). “Perspektif Hukum Islam Terhadap Akad Bai’ Istighlal Sebagai Solusi Perekonomian Kontemporer”. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Keluarga Islam. 4 (1).
Ubaidillah, U. (2021). “Ijtihad Imam Asy-Syafi'i (Analisis Kritis terhadap Qaul Qadim dan Qaul Jadid)”. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan. 10 (1).
Wijayanto, Kusuma. (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank”, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. 17 (1).
Wulandari Nur, Mudiantono. (2013). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang)”. Diponegoro Journal Of Management. 2 (2).
Zainal, Veithzal Rival, et al. (2017). Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Aksara.