Penerapan Rantai Suplai Makanan Halal Pada Industri Pengolahan Kopi di Bedhag Kopi Roastery Jember

Authors

  • Diny Duratul Ummah Mahasiswa Program Studi Magister Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN KHAS Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55120/iltizamat.v1i1.475

Abstract

Sertifikasi halal bertujuan untuk memberikan kepastian hukum  kehalalan suatu produk sehingga dapat menentramkan batin  konsumen. Pada kesempatan lain terdapat pihak yang melakukan kecurangan terhadap label halal palsu disebabkan tidak terbukanya proses produksi halal secara menyeluruh dalam supply chain dari hulu sampai hilir. Oleh karena itu dalam menjaga integritas produk halal perlu dilakukan penerapan rantai suplai makanan halal sehingga menimbulkan keyakinan pada setiap konsumen yang akan mengkonsumsi produknya, melihat dari aspek persiapan produksi, proses produksi, penyimpanan, distribusi, hingga akhirnya sampai pada tangan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sehingga penelitian ini mencari fakta-fakta mengenai rantai suplai halal pengolahan kopi pada Bedhag Kopi Jember. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi mengenai pengolahan kopi di Bedhag Kopi jember mulai dari proses pemilihan kopi, pengilingan, penyangraian, pengemasan hingga kopi sampai pada tangan konsumen sedangkan untuk data sekunder diambil dari data-data yang terkait dengan rantai suplai halal yang berupa dokumen dan buku-buku terkait.  Hasil dari penelitian ini bahwa Bedhag Kopi sebagai suatu industri makanan yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI telah menerapkan halal rantai pasok halal dari hulu hingga hilir. Hal tersebut menjadi dasar bagi konsumen merasa aman dalam mengonsumsi kopi bubuk dari produksi Bedhag Kopi Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an.

Ali, Mohd Helmi & Suleiman, Norhidayah. Eleven Shades of Food Integrity: A Halal Supply Chain Perspective. Trends in Food Science & Technology. 71. 2018.

Ali, Muchtar. Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal. Ahkam Jurnal Ilmu Syariah. 16 (2). Juli 2016.

Agustina, Yuli .et.al. Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian. 1 (2). November 2019.

Alzeera, Jawad. et.al. Rational and Practical Aspects of Halal and Tayyib in the Context of Food Safety. Trends in Food Science & Technology. 71. January 2018.

Bank Indonesia. Ekosistem Industri Halal. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syari’ah. 2020.

Bulan, Tengku Putri Lindun. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Keuangan. 5 (1). Mei 2016.

Charity, May Lim. Jaminan Produk Halal di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia. 14 (1). 2017.

Chaudry, MM & Riaz, MN. Safety of Food and Beverages: Halal Food Requirements. Encyclopedia of Food Safety. 3. 2014.

Departemen Agama RI, Petunjuk Teknis Pedoman Sistem Produksi Halal. Jakarta: Departemen Agama. 2003.

Fathoni, Muhammad Anwar & Syahputri, Tasya Hadi. Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. JIEI: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 6 (03). 2020.

Hasanah, Miftahul & Fahruddin, Abd. Rohman. Analisis Halal Supply Chain Management (SCM) Dalam Perspektif Maqashid Syariah. At-Tasharruf; Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah. 2 (2). Oktober 2020.

Hashim, Hanini Ilyana Che & Shariff, Sariwati Mohd. Halal Supply Chain Management Training: Issues And Challenges. Fifth International Conference on Marketing and Retailing (5TH INCOMaR) 2015. Procedia Economics and Finance. 37. 2016.

Hidayatullah, Muhammad Syarif. Sertifikasi dan Labelisasi Halal Pada Makanan dalam Perspektif Hukum Islam (Perspektif Ayat Ahkam). Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam. 11 (2). Desember 2020. 252.

Izberk-Bilgin, Elif & Nakata, Cheryl C. A New Look at Faith-Based Marketing: The Global Halal Market. Business Horizons. 59 (3). May-June 2016.

Jamal, Ahmad & Sharifuddin, Juwaidah. Perceived Value and Perceived Usefulness of Halal Labeling: The Role of Religion and Culture. Journal of Business Research. 68 (5). May 2015.

Kamila, Evita Farcha. Peran Industri Halal dalam Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Era New Normal. Jurnal Likuid. 1 (1). Juli 2020.

Kohilavani .et.al. Development of Safe Halal Food Management System (SHFMS). Food Control. 127. September 2021.

Ma’rifah, Tian Nur. Pengembangan Kerangka Konseptual Model Rantai Pasok Halal Pada Komoditas Daging Ayam di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Cemara. 15 (2). Nopember 2018.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018.

Murjani. Sistem Jaminan Produk Halal dan Thayib Di Indonesia: Tinjauan Yuridis dan Politis. Fenomena. 7 (2). 2015.

Nasution, Lokot Zein. Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia. 1 (2). 2020.

Permata, Arif Rachman Eka. Harapan dan Realitas Implementasi Regulasi Jaminan Produk Halal di Indonesia. Dinar: Jurnal Ekonomi& Keungan Islam. 6 (2). Agustus 2019.

Priadana, Moh. Sidiq & Muis, Salahuddin. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2009.

Spiegel, M. van der. et.al. Halal Assurance in Food Supply Chains: Verification of Halal Certificates Using Audits and Laboratory Analysis. Trends in Food Science & Technology. 27 (2). October 2012.

Sudjana. Pelindungan Konsumen terhadap Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Sistem Hukum. J-HES Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. 4 (1). Januari-Juni 2020.

Supian, Kamisah. Cross-contamination in Processing, Packaging, Storage, and Transport in Halal Supply Chain. Woodhead Publishing Series in Food Science, Technology and Nutrition. 2018.

Suryawana, Anom Sigit .et.al. Negotiating Halal: The Role of Non-religious Concerns in Shaping Halal Standards in Indonesia. Journal of Rural Studies. 2019.

Waharini, Faqiatul Mariya & Purwantini, Anissa Hakim. Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Jurnal Muqtasid. 9 (1). 2018.

Yunita, Hanna Indi Dian. Studi Tentang Peluang dan Tantangan Industri Pangan Halal Terhadap Perekonomian di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB. 6 (2). 2018.

Zainuddina, Anizah & Shariff, Sariwati Mohd. Preferences for Halalan Toyyiban Retail Supply Chain Certification: A Case of Hypermarket. Fifth International Conference on Marketing and Retailing (5TH INCOMaR) 2015. Procedia Economics and Finance. 37. 2016.

http://www.halalmui.org/mui14/main/page/prosedur-sertifikasi-halal-mui

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles