STRATEGI PROMOSI WISATA DESA WATUREJO MELALUI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Sarkowi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Bayu Saputra Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Faza Abdillah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Strategi, Promosi, Wisata, Desa Waturejo, Digital Marketing

Abstract

Dalam tulisan ini, penulis menggunakan pendekatan
kualitatif yang merupakan kajian dari berbagai jenis
materi empiris, seperti observasi, wawancara, dan
dokumentasi dari kegiatan kelompok kerja mahasiswa
(KKM) Kelompok 226 ini UIN Maliki Malang
dilaksanakan pada tanggal sejak 19 Desember 2022
sampai dengan 23 Januari 2023 di Desa Waturejo
Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang
menggunakan pendekatan asset based community
development (ABCD), dengan harapan data yang
didapatkan ini sesuai dan menunjang dalam stategi
promosi wisata desa Waturejo Ngantang Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya
penguatan perancangan pengembangangan wisata
desa Waturejo Ngantang Malang dengan strategi
mengintegrasikan seluruh komponen potensi desa
menjadi satu program penguatan desa wisata melalui
pembangunan dan perancangan destinantion branding
melalui melalui pelatihan digital marketing yakni
pemanfaatan Internet sebagai alat pemasaran digital
agar aset dan potensi wisata, serta produk-produk dari
desa Waturejo tidak hanya terkenal di lingkungan atau
daerah sekitar Desa Waturejo namun dapat merambah
ke berbagai wilayah di luar Malang sekitarnya,
nasional dan bahkan Internasional sesuai dengan
sesuai taglinenya The Heart of East Java

References

Arifin, S. (2018). Memberdayakan Masyarakat Melalui Marketting Online.

Perencanaan Pembentukan Komunitas Bagi Tenaga Guru Sekolah Swasta

Dan Pemuda Desa, Rumah Ketua Komunitas Dusun Jurgang. Sahabat

Community

Basrowi, and Suwandi,. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Beirman, David. (2003). Restoring Tourism destinations In crisis, A strategic marketing

approach, Allen & Unwin, Australia.

Bryan White dalam Budi Suryadi. (2006). Ekonomi Politik Modern Suatu

Pengantar.Yogyakarta: IRCiSoD.

Burhan Bungin (Ed). (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif (Aktualisasi.

Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer). Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Cai, A. (2002). Cooperative branding for rural destinations. Annals of Tourism

Research, 29(3),720-742.

Darmo, Sujita, Achmad Zainuri, and Rudy Sutanto. “PEMBERDAYAAN DESA

WISATA BERBASIS SUMBER DAYA ALAM DI DESA KARANG SIDEMEN

LOMBOK TENGAH.” Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1

(August 14, 2021): 315–319

David. Manajemen Strategi Konsep,. Jakarta: (Jakarta : Selemba Empat, 2014.

Dewi, Made Heny Urmila, dkk. (2018). Penerapan Digital Marketing dalam

Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 19 – 24. Retrieved from

http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM/article/view/234/pdf

Dharmawan, and Adi. “Strategi Pengembangan Desa Wisata Di Desa Belimbing

Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan.” E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata,

(1) (2014).

Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran,. Yogyakarta: Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008

Godrey, K & Clarke, J. (2000). The Tourism Development Handbook: a practical

approach to planning and marketing. Burns & Oates.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Reserch. Jilid II., 2008.

Howie, F. (2003). Managing The Tourist Destination. UK: Thomson Learning.

Husain Usman, and Purnomo Soetady. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi

Aksara, 2000.

Inskeep, E. “Tourism Planning, and Integrated and Sustainable Development

Approach.” New York: Van Nostrand Reinhold. (1991).

Kartajaya, Hermawan & Yuswohady. (2005). Attracting Tourists, Traders, Investor:

Strategi memasarkan Daerah. Jakarta. Penerbit Gramedia.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran

Dari Principles of Marketing. Jakarta: Jakarta: Erlangga., 2008.

Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Mahmoudi. “Investigation of Obstacles and Strategies of Rural Tourism

Development Using SWOT Matrix.” Journal of Sustainable Development, 4(2)

(2011): 136–141

Masyarakat.” Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 1 (3) (2018): 155–165.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja

Rosdakarya. Offset, Bandung

Morgan N, Pritchard Annette and Pride, Roger, 2004, Destination Branding: Creating

the Unique Destination Proposition, second edition, Elsevier ButterworthHeinemann, London.

Muchsin, slamet, and Hayat. Pengelolaan Ekowisata Desa. Malang: Malang media

inteligensia, 2018.

Mulhern, Frank. “Integrated Marketing Communications: From Media Channels to

Digital Connectivity.” Journal of Marketing Communications, 15(2–3). (2009): 2.

Murfianti. (2010). Membangun City Branding Melalui Solo Batik Carnival. Jurnal

Penelitian Senidan Budaya. Vol. 2 No.1, Juni 2010. pp. 14-20.

Perguna, Luhung Achmad, (2020) Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM

Melalui Destination Branding, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian

Nusantara, 3 (2), 2020, 204-214

Pike, Steven. (2004). Destination Marketing Organization, Advance in research

Tourism series, Elsevier Butterworth-Heinemann, London.

Setiawan, and ika Rony. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Bidang

Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang.”." Jurnal Penelitian

Manajemen Terapan (PENATARAN) 1.1 (2016): 23-35.

Situmorang, Syafrizal Helmi, 2007, Regional Branding, Jurnal Wahana Hijau, PWD

USU, Medan.

Soedarwo, Vina. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikann nonformal

berbasis Potensi Lokal dalam Membangun Desa Wisata Adat. Jurnal Sosiologi

Pendidikan Humanis, 2(2), 96-102. Retrieved from

http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/article/view/3400

Widjaja, HAW. (2008) Otonomi Desa: Merupakan Otonomi yang Asli, Bulat dan

Utuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Zaifuddin, (2022), Pemberdayaan Masyarakat Melalui Online Marketing: Penguatan

Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Digital, JPM Vol 10/1, hlm, 31-40

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Sarkowi, Saputra, B., & Abdillah, M. F. (2023). STRATEGI PROMOSI WISATA DESA WATUREJO MELALUI DIGITAL MARKETING. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 147–160. Retrieved from https://www.ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1032