Investigating the Role of the Crossword Puzzle on the Arabic Vocabulary in University Students
Abstract
Kosakata bahasa Arab memegang peran yang sangat penting dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Kosakata menjadi dasar dalam memahami dan mengkomunikasikan pesan dalam bahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran crossword puzzle terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi mahasiswa PTDU, Malang. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen. Pemanfaatan crossword puzzle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi mahasiswa PTDU, Malang. Terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas kontrol (PAI) sebesar 71.85 “cukup”, dan pada kelas eksperimen (ES) sebesar 73,85 “cukup” meningkat tajam setelah menggunakan crossword puzzle menjadi 84,87 “baik” untuk kelas kontrol (PAI) dan 90,38 “sangat baik” untuk kelas eksperimen (ES). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan crossword puzzle efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosakata bahasa Arab mahasiswa. Dengan demikian, pendekatan ini dapat dianggap sebagai strategi yang bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Arab di lingkungan PTDU, Malang.
Referensi
Amalia, N. H., & Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133
Arifin, Z., Desrani, A., Wardana Ritonga, A., & Ibrahim, F. M. A. (2023). An Innovation in Planning Management for Learning Arabic at Islamic Boarding Schools. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 77–89. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3237
Azizah, R. (2022). Permainan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Kitabab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 116–124. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6119
Baroroh, R. U., & Tolinggi, S. O. R. (2020). Arabic Learning Base On A Communicative Approach In Non-Pesantren School. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1), 64–88. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8387
Febriansari, I., Sobarna, A., & Afrianti, N. (2020). Pengaruh Media Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 4 Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2), 50–58. https://doi.org/10.29313/.v6i2.22995
Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 141. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091
Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220
Ibrahim, A. R. A.-F. bin. (1434). Durus at-Daurat at-Tadribiyah Limu’allim al-Lghuhah al-’Arabiyyah Lighair an-Nathiqin Biha.
Khalilullah, M. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 15–26. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/309/292
Lakoro, S., Eraku, S., & Yusuf, D. (2020). Pengaruh Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 Marisa. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4845
Maududi, A., & Purwanto, E. (2018). Influence of pictorial Crossword Puzzle media toward vocabulary mastery and initial writing skills of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 7(3), 318–323.
Muzdalifah, Z., Khasairi, M., & Kholisin, K. (2021). Development of the Arabic Grammar (Nahwu) Textbook Al-Ajurumiyyah Al-Qur’aniyyah based on the Scaffolding-Structure. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4, 153–164.
Purba, N. A., & Jamil, K. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Moderen Ta’dib Al-Syakirin Kelas VII. Journal of Education Research, 4(3), 1259–1264. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335
Ritonga, A. W. (2020). Pengaruh Media Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Studi Arab, 11(2), 73–86.
Ritonga, A. W., & Fitri, A. (2021). Maharah Qira’ah Learning Strategy for Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Students During Covid-19 Pandemic. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 103–107. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.4501
Ritonga, A. W., Mela, D. A., & Ilmiani, A. M. (2022). Implementasi Kebijakan Tatap Muka Terbatas Sebagai Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 4(1), 10–19. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i1.799
Ritonga, A. W., Ritonga, M., Septiana, V. W., & Mahmud. (2021). Crossword Puzzle as a Learning Media During the Covid-19 Pandemic : HOTS, MOTS or LOTS ? Journal of Physics: Conference Series, 1933. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012126
Roji, M. F., Hijriyah, U., & Mizan, A. N. (2023). Improving Madrasah Students’ Mufradat Memorization Ability Using Picture Card Media (Flash Card). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 3(02), 81–90. https://doi.org/10.24967/esp.v3i02.2439
Sopyan, D. I. (2015). Otak Atik Otak: TTS & Sudoku. Depok Puspa Swara.
Susanto, Ritonga, A. W., Desrani, A., & Rubiyantoro, Y. (2022). Arabic Learning Design Based on 21st Century Skills during the Covid-19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.2235
Umroh, I. L., & Tamaji, S. T. (2022). Permainan Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Bahasa Arab. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 36–57. https://doi.org/10.52166/alf.v3i2.3273
Zulkepli, M. K. A., Wahab, B., Yahaya, A. F., Hamid, M. Z. A., & Mohamad, N. (2023). Analysis of Development Needs of Mufradati Arabic Vocabulary Application for UiTM Students. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences, 6(3), 47–60.