Penerapan Buku Pengayaan Siswa dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo

Authors

  • Naila Sakinah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Alfin Sanjaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • M. Aziz Muqoddam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses pembelajaran dalam suatu lembaga. Hasil pembelajaran bahasa arab siswa pada sekolah MA plus Taruna Islam Al-Kautsar bisa dikatakan masih belum maksimal, khususnya dalam peningkatan skill maharah qira’ah. Hasil belajar siswa MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar dapat ditingkatkan salah satunya dengan memanfaatkan bahan ajar Buku Pengayaan Siswa untuk meningkatkan skill maharah qira’ah. Tujuan (1)Untuk mengetahui Penerapan Buku Pengayaan Siswa dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan, Probolinggo, (2)untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Penerapan Buku Pengayaan Siswa dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan, Probolinggo. Hasil penelitian (2) bahwa pembelajar siswa di sekolah ini sudah diupayakan memenuhi standart pemerintah dalam Pendidikan nasiaonal, (2)Penerapan buku pengayaan siswa sudah mengadopsi metode pembelajaran interaktif dengan adanya kode QR untuk menonton animasi-animasi audio visual yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran Bahasa arab secara lebih konpherhensip. Adapun kekurangan dalam penerapan buku ini, bahwa siswa di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar belum siap mengadopsi secara menyeluruh buku ajar yang disusun menggunakan kurikulum merdeka. Karena siswa masih butuh pendampingan siswa secara penuh.

Referensi

Alimudin, A., Dania, I., & Saputri Hidayat, A. A. (2023a). Analisis Bahan Ajar Maharah Qira’ah di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berbasis CEFR. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 38–51. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(1).11655

Alimudin, A., Dania, I., & Saputri Hidayat, A. A. (2023b). Analisis Bahan Ajar Maharah Qira’ah di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berbasis CEFR. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 38–51. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(1).11655

Alwi, A. B. (2022). Perubahan Substansi Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022. 4(4), 1753–1760.

Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Fitriani, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Maharah Qiroah Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 1. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1130

Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4(1), 100. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107

Haqqy, A. M. (2020). Alternatif Pembelajaran Maharah Qira’ah Dengan Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an. El-Tsaqafah. Jurnal Jurusan PBA, 19(2), 186–198. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i2.2720

Hasanah, T. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah pada Peserta Didik Kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Shaut al Arabiyyah, 8(2), 101. https://doi.org/10.24252/saa.v8i2.15142

Hasibuan, M. N., & Sa’diyah, H. (2023). Metode Contextual Teaching And Learning d alam Pembelajaran Maharah Qira’ah. Revorma, 3(1), 26–41.

Ibtidaiyah, M., Journal, E., Nafisa, F., & Afida, N. (2023). Analisis Kesiapan Guru Mata Pelajaran Bahasa. 1(1).

Janah, A. R., Ansori, A. A., Maghfirah, S. N., & Tiara, D. P. (2022). Problematika Maharah Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X IPA MA Al-Mukarom Ponorogo. Proceeding of 2nd Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (AICOMS), 2, 17–24.

Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. KOMUNIKOLOGI Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 77–88.

Khoiriyyah, L., Arifin, Moh. M., & Mardani, D. (2023). Analisis Maharatul Qira’ah Siswa Madrasah Tsanawiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 961–971. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4853

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47.

Lubis, I., & Ghoziyah, I. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Assesmen For Learning Mahar ah Qira ah Ditinjau d ari Tujuan Pembelajarannya. 5(2), 815–823.

Malanuwa, S. P. (n.d.). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab dalam Maharah Qiro’ah Pada Mahasiswa Alumnini Pondok Pesantren di Institut Agama Islam Negeri Manado. 2.

Mustika, D., Fitriyanti, E. N., & Azizah, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Pemahaman Budaya Arab. Prosiding Semnasbama IV UM JILID 1, 1, 62–67.

Nasution, S. (2017). Pengantar Lingustik Bahasa Arab. CV. Lisan Arabi.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Prananingrum, A. V., & Nurhuda, A. (2021). Analisis Buku Teks Al- ‘ Arabiyyatu Baina Yadaik Karya Abdurrahman Ibn Ibrahim Al-Fawzan, dkk. Arabic Education Conference, 1.

Syafi’i, N. M. (2019). Pemanfaatan Media Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Smk Pesantren Sabilil Muttaqien (Psm) Randublatung Kabupaten Blora. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.

Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764

Uswatun Hasanah, Fatkhurrohman, & Rifqi Aulia Rahman. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa Kelas X MA NU Darul Islah Wonosobo. Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 155–167.

Wahyudi, W. E. (2020). Relasi Kurikulum dan Pembelajaran serta Kontekstualisasinya dengan Nilai-Nilai Multikultural. Kuttab, 3(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v3i2.99

Zainuri, M. (2019). تطور اللغة العربية في إندونيسيا Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Jurnal Tanling: Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia, II(2), 231–248.

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles