Pengembangan Buku Ajar Tematik Bahasa Arab Pegon untuk Peningkatan Maharoh Qiro’ah Diniyah Takmiliyah

Authors

  • Abdillah As'ad Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Pengembangan buku ajar bahasa Arab Pegon berbasis tematik ditujukan untuk meningkatkan kemampuan membaca santri kelas satu di Diniyah Takmiliyah. Bahasa Arab Pegon merupakan bahasa Melayu atau Jawa yang ditulis menggunakan aksara Arab Jawi untuk memahami bahasa Arab, terutama kitab kuning. Pesantren Manbaul Ulum Wringin Putih Muncar Banyuwangi menggunakan metode ma’na pegon untuk mempelajari kitab kuning. Buku ajar ini dilengkapi dengan animasi dan QR code, serta mengulas cara penulisan dan pembacaan Arab Pegon dengan benar. Penelitian ini merumuskan tiga masalah utama: pengembangan pembelajaran, kelayakan materi, dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab Pegon di pesantren tersebut. Model penelitian yang digunakan adalah model Sugiono, dengan pendekatan tematik untuk mendapatkan hasil yang efektif. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak dan efektif, dengan validasi dari validator pembelajaran dan materi pegon mencapai lebih dari 95%. Keefektifan bahan ajar ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel, menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa.

المراجع

رشدى أحمد طعيمة، تعليم العربية لغير الناطقين بها ساليبه، (ايسيسكو:منشورات المنظمة الإسلامية التربية والعلوم والثقافة، 1989)  

لويس معلوف، المنجد والإعلام، (بيروت: دار المشرف،1976)،

محمد علي السمان ، التوجيه في تعليم اللغة العربية ، (القاهرة:دار المعارف،1983)

مقدمة كتاب العربية للناشئين ، تأليف الدكتور محمود إسماعيل صيبي ، ناصف مصطفى عبد العزيز ، مختار الطاهر حسين ( المملكة العربية السعودية ، وزارة المعارف ، إدارة الكتب المدرسية)

Munawwir Ahmad Warson, Kamus Al-Munawwir, Pustaka Progressif, (Yogyakarta, 2014)


Maksum Ali, “Pengembangan Virtual Library Untuk Kitab Kuning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pondok Pondok pesantren di Jawa Timur”, Jurnal Penelitian Kependidikan, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang, No. 2, Th. XX Oktober 2010


Sumarno Alim, Perbedaan Pengembangan dan Pengembangan, (Surabaya: Elearning UNESA, 2012)

Sadiman Arief, Media Pembelajaran Dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 2002)

Lombard Denys, Nusa jawa Silang Budaya Jilid I, (Jakarta, 2000, PT.Gramedia Pustaka Utama)


Departemen Agama Republik Indonesia, Pondok Pondok pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembangannya, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003)


Anwar Dessy, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia, 2003)


Fuad Effendi Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat 2009)


Mujahidin Endin, Pondok pesantren Kilat, (Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2004)

Putra Daulay Haidar, Historitas dan Eksistensi : Pondok pesantren, Sekolah dan Madrasah, (Yogyakarta: 2001 Tiara Wacana)

Putra Daulay Haidar, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia Edisi Revisi (Medan: Kencana Prenada Media Group, 2012

 

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (Bandung: Remaja Rosdakarya: 2014)


Juwairiyah Dahlan, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, (Surabaya, 1992, Al Ikhlas)

Koentjaraningrat, Kebudayaan Jawa, (Jakarta, Balai Pustaka, 1994)

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. (Perdana Media Group: 2009)

Loexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

Lorens Bagus, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pondok pesantren. (Jakarta: 1994)

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pondok pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sisten Pendidikan Pondok pesantren, (Jakarta: INIS, 1994)

Mudhofir. Teknologi Instruksional. (Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 1999)

Muhtaron, Dinamika Pondok pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)

Nana Sujana, dkk. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004)


Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)

Nashir Abdullah Al Ghali dan Abdul Hamid Abdullah, Usus I’dad Al Kutub Al Ta’liimiyyat li Ghairi Al Naathiqiin bihaa. (Riyadh: Dar Al Gha, 1991)

Plato dan Jules Simon dalam Mahmud Yunus, Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran, (Pt. Hidakarya Agung, Jakarta, 2013)


Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, (Jakarta: Kencana, 2010)

Ridwan Abawihda, Kurikulum Pendidikan Pondok pesantren dan Tantangan Perubahan Global, dalam Ismail SM, dkk, Dinamika Pondok pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)

Rusman. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada: 2013)

Winarno Surachmad, Metode penelitian, (Bandung: Tartsito, 1990)

Zaim Elmubarok, dkk, Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam Di Pesisir Jawa, (Journal Of Arabic Learning And Teaching: 2020)

Zaim Elmubarok, dkk, Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam Di Pesisir Jawa, (Journal Of Arabic Learning And Teaching: 2020)

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pondok pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup
Kyai, (Jakarta: LP3ES, 1990)

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles