PENINGKATAN MUTU MADRASAH DINIYAH DI ERA DIGITAL

Authors

  • Sarkowi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.1068

Keywords:

Manajemen Mutu, Madrasah Diniyah, Era Digital.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada kajian teoritis dan praktis tentang mutu madrasah diniyah di era digital. Objek kajiannya pada upaya merumuskan konsep manajemen mutu madrasah diniyah di era digital dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), sedangkan teknik analisis menggunakan metode content analysis terhadap sumber kepustakaan yang berisi teks/tulisan yang dijadikan sumber penelitian dalam rangka menarik kesimpulan Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peningkatan mutu di  madrasah diniyah sangat diperlukan untuk menjadi Madrasah diniyah yang efektif (bermutu) . Adapun strategi pengelolaannya dengan  (a) penguatan visi, misi, tujuan, sasaran, peningkatan mutu dan menghasilkan alumni yang bisa diandalkan (b) Peningkatan mutu madrasah (mengimplementasikan empat teknik madrasah review, benchmarking, quality assurance, dan quality control), dan  (c) penguatan spiritual para pengabdi madrasah diniyah (spiritual principal, spiritual teacher, spiritual learner), serta  (d) membangun budaya literasi digital.  Dalam implementasinya dilaksanakan dengan melakukan penguatan sumber daya yang dimilikinya secara berkelanjutan, perluasan pengembangan kemitraan dalam bersinergi dan berkolaborasi. Semua upaya tersebut akan menjadi salah satu solusi yang mampu menciptakan keefektifan organisasi madrasah, berupa budaya organisasi madrasah yang kondusif, proses organisasi madrasah yang efektif dan inovasi-inovasi dalam pengelolaan mutu madrasah menuju madrasah yang mandiri, berdaya dan berdigdaya (unggul).

 

 

 

References

Arifin, Imron, 1988. Kepemimpinan Sekolah Dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Berprestasi Studi Multi Kasus pada MIN Malang I , MI Mamba’ul Ulum dan SDN Ngaglik I Batu di Malang. IKIP Malang Program Pascasarjana.

Arif, Mahmud, 2008. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Amin Haedari, dkk. 2004, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah, Jakarta; Diva Pustaka

Anonim, 2000. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan/Kultur Sekolah, Depdiknas, hand out pelatihan calon kepala sekolah, Direktorat Sekolah lanjutan Pertama.

Bambang H. Hadiwiarjo, & Sulistijarningsih Wibisono, 2000, Memasuki Pasar Internasional Dengan ISO 9000. Jakarta : Ghalia Indonesia

Dirjen Kelembagaan Agama Islam Depag. Manajemen Merbasis Madrasah

Edward Sallis, 2006. Total Quality Management in Education. Jogjakarta; Ircisod.

Fauzan, Rahman, “Karakteristik Model dan Analisa Peluang-Tantangan Industri 4.0”, Jurnal PHASTI, Volume 04, Nomor 1, Edisi April 2018

Gardiner, Mayling Oey, dkk, Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia, Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2017.

John W. Creswell. 2010. Reseach Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Jogjakarta; Pustaka Pelajar.

Koswara, Deni. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Machali, I. dan Hidayat, A. (2018). The Hand Book of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Ishom el Saha. 2005. Arah Pengembangan Madrasah Diniyah di Indonesia. Jurnal Mihrab, Edisi I, th. III Oktober 2005

Malik Fadjar,1999, Madrasah & Tantangan Modernitas, Mizan: Bandung

Miles. B. dan Huberman, A.M., 1984. Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mutohar, Prim Masrokan, 2013. Manajemen Mutu Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Maya, Rahendra, & Lesmana, Iko, Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. I, No. 2, Juli 2018

Mahdiansyah dan Rahmawati, “Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia", Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 20, No 4 (2014).

Makin’s, Laurie and Whitehead’s, Marian, How to Develop’s Children Early Literacy, London, California, New Delhi: Sage Publishing Ltd, 2004.

Muhaimin, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nugraha, Muhamad Tisna, “Budaya Literasi dan Pemanfaatansosial Media Pada Masyarakat Akademik”, Jurnal At-Turats, Vol. 11 No.2, 2017.

Nata, Abuddin, 2016. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nata, Abuddin, 2012. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Qomar, Mujamil. 2016. Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga

Ramayulis, 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Raharjo.2013. Pemberdayaan Madrasah Diniyah Dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Masyarakat di Madrasah Diniyah “Miftahul Huda” Kabupaten Kendal.Semarang: IAIN Walisongo.

Ridwan Nasir, 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, cetakan pertama, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanaky, H. AH. 200). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press dan Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia.

Sukmadinata, N. Syaodih. 2004. Landasan Psikologis Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Published

2022-12-30