KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONTEKS KKNI
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i2.1277Keywords:
Kurikulum, PAI, KKNIAbstract
Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonseia (RI) nomor 8
tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor
73 tahun 2013 maka Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi, Institut maupun Universitas, harus
melakukan redesain kurikulum secara serentak dan mendesak. Namun pada kenyataannya
Program Studi Pendidikan Agama Islam yang ada di UIN PTKIN secara formal belum
melakukan redesain kurikulum mengacu KKNI meskipun secara implementasi kurikulum
yang digunakan dalam proses perkuliahan sebagian dosen mata kuliah sudah menggunakan
kurikulum mengacu KKNI. Informasi ini diperoleh berdasarkan hasil pengamatan penulis
bersama oleh praktisi, akan tetapi masih terdapat dosen yang tidak menyerahkan
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang digunakan dalam perkuliahan. Hal ini
diasumsikan bahwa kurangnya pemahaman dosen terkait kurikulum mengacu Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia. Dari beberapa persoalan diatas diasumsikan bahwa hal ini
akan menghambat pencapaian visi dan misi Program Studi PAI yang ada di UIN/PTKIN saat
ini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan kurikulum mengacu KKNI yang
ada di Program Studi PAI UIN/PTKIN mengalami berbagai problematika1
. Oleh Karena itu
penulis tertarik untuk mempetakan problematika dalam pengembangan kurikulum mengacu
KKNI pada Program Studi PAI di UIN/PTKIN.
References
Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja
Rosdakrya, 2011.
--------, Penelitian Pendiididikan: Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2011.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta,
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka
Cipta, 1998.
Borang Akreditasi Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan
Lampun , 2017.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai
Pustaka,1991.
Esha, Muhammad Inam, Institusional Transformation Reformasi dan Modernisasi Pendidikan
Tinggi Islam, Cet. 2. Malang: UIN Malang Press, 2009.
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi,
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Gunawan, Heri, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta,
-------, Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2014
Ghufron, Anik, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kajian Kritis Implementasi dan Implikasi, Yogyakarta: Laboratorium FSP Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 2003.
Hamalik, Oemar, kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
------, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Ibn Chamin, Asy, dkk, Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Demokratis dan Berperadaban,
Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi. Penelitian dan Pengembangan, Pimpinan
Pusat Muhammadiyah, 2002.
Irawan, Prasetya, Logika dan Prosedur Penelitian, STIA-LAN Pres, Jakarta, edisi revisi, 2000
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2012.
------, Pendidikan Agama Berbasis Kompetensi: konsep dan Inplementasi kurikulum,
Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004
Marliyah, Lili, Analisis Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasioanal Indonesia (KKNI)(Strategi
Meningkatkan Standar Kualitas SDM melalui Pendidikan Formal,Non formal dan
Informal), Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol:XXII, No:1, Mei 2015
Matondsng, Yakub, Pergurauan Tinggi Islam di Era Globalisasi, Yogyakata: Tria Wacana,
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidkan Agama Islam di Sekolah,Madrasah dan
Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Mulyana, Dedi, Metode Penelitian, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Nasution, S, Kurikulum dan Pengajaran, Cet.6, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Nurhasanah, Kesiapan Perguruan Tinggi dalam menerapkan kurikulum Berbasis KKNI
(Study Kasus Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon), Jurnal Fikhratuna
Vol. 6, No. 2, Juli Desember 2014.
Raco, R, Metode Penelitian Kulaitatif; Jenis, Karakteristik dan Keunggulan, Jakarta: PT
Grasindo, 2010.
Salinan, Peraturan Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tentang Standar
Nasioanal Pendidikan Tinggi No 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Tinggi Republik Indonesia.
Salinan, Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Pendidikan Tinggi. 201
Salinan, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Salinan, Petunjuk Teknis Pengembangan kurikulum Berbasis Kompetensi Merujuk pada
Kerangka Kualifikasi Nasioanl Indonesia (KKNI) oleh Kementerian Agama RI
Direktorat Jendral Pendidikan Islam direktorat Pendiidkan Tinggi Islam 2013.
Salinan, Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi, Direktorat
Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Salinan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Sanjaya,Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP, Jakarta:
Kencana prenada media, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2011. Sukmadinata,
Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum: Teori Praktik, Bandung: PT Remaja Rosdakrya,
Suparta, Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI, Jakarta: Rajawali Pers,
Susilaningsih, Sisiwandari, Sri Sumaryati, Binti Muhsini, Profil dan Learning Outcames Lulusan
Pendidikan Akuntansi sebagai Referensi LPTK dalam menyiapkan Guru Akuntansi
Bermutu. dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan
Keuangan “Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keungan yang
berkelanjutan” di http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Sutrisno dan Suyatno, Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern, Jakarta: Kencana,
Suwadi, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada pendidikan tinggi
mengacu KKNI SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi di Program Studi PAI
FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, dalam jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII.2,
Desember 2016.
Suyadi, Sutrisno, Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Cet.4, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Tim Penyusun, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Jakarta: Sinar Grafika, 2004.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No 2 Tahun 1989) dan
PeraturanPelaksanaannya, Jakarta: Sinar Grafika, 1995. Undang-Undang No 14 Tahun
Tentang Guru dan Dosen
Wahyudin, Dinn, Manajemen Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakaya, 2014.