SHALAT BERJAMAAH SEBAGAI UPAYA RESILIENSI SISWA MI NURUL ATHHAR BANYUWANGI

Authors

  • Nur Faiz Habibah Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi
  • Erlin Indaya Ningsih Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang
  • Naim Hikmatut Thoyibah Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i1.1699

Keywords:

salat berjamaah, ketahanan siswa.

Abstract

Student resilience is crucial to be taught from an early age, as the challenges in student
learning continue to increase. Resilience is not only achievable during the teenage years;
even children can develop resilience if the educational environment provides early learning
experiences. This research adopts a qualitative descriptive approach, specifically employing
a case study research design. Both primary and secondary data sources are utilized. Data
collection methods include interviews, observations, documentation, and data analysis
techniques employ the Mills and Huberman analysis model.
The findings of this study reveal that students at MI Nurul Athhar exhibit resilience at their
age, particularly through group prayers, which offer benefits ranging from the sources of "I
have, I am, and I can." These benefits can be applied by students, as congregational prayers
provide various resources, encouraging them to be independent, responsible, and manage
their emotions.

References

A, Darussalam. Indahnya Kebersamaan Dengan Shalat Berjamaah. Journal Article Tafsere

(2016) 4(1) 24-39

A, Nasution. Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah Dan Implikasinya

Terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa Smp Negeri 2 Kabawetan. Journal Article

Al-Bahtsu (2019) 4(1) 11-23

Cefai, Carmel. Promoting Resilience In The Classroom: A Guide To Developing Pupils Emotional

And Cognitive Skills, London: Jessica Kingsley Publisher, 2008

C, M. Ruswahyuningsi, Tina Afiatin, Resiliensi pada Remaja Jawa, Gadjah Mada Journal Of

Psychology Volume 1, NO. 2, MEI 2015: 96–105 ISSN:

-7798

Danim, Sudarwan. Pengantar Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2017

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016

Eko, Sujadi, Yandri H, Juliawati D, Perbedaan Resiliensi Siswa Laki-laki dan Perempuan yang

Aisyahnur Nasution, Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah dan Implikasinya terhadap

Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan. Journal Article, al- Bahtsu (2019) 4(1) 11-23

| Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol. 02 No. 02 (2023)

Available online at https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin

Menjadi Korban Bullying, Journal Article Psychocentrum Review (2021) 3(2) 174-186 DOI:

26539/pcr.32665

Fitriah, Bina Ardiansari, Dimyati, Identifikasi Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini, Jurnal

Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 6 Issue 1(2002) ISSN; 2549-8959

(Online), 2356-1327 (Print)

Fonny, Fidelis E waruwu, lianawati, Resiliensi dan Prestasi akademik pada anak tuna rungu,

Jurnal Provitae Volume 2 no. 1; Mei 2006 ISSN: 0216-4485,

Harahap, Ernawati, dkk, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam, Pekalongan: PT

Nasya Expanding Management, 2022

Harnany, Lufiana Utami, Bersyukur dan Resiliensi Akademik Mahasiswa, Journal Article

Nathiqiyyah, 2020 vol. 3 No. 1, 1-21 (Print) 2614-7815

(Online) 2745-4207

Hendriani, Wiwin. Resiliensi Psikologis, Jakarta Timur: Prenada Media Group, 2018

Jalal, Muhaiminah. Pengaruh Pembiasaan Salat Berjamaah Terhadap Pembentukan

Kecerdasan Interpersonal Anak Sekolah Dasar. Journal Article Primary Education

Journal (PEJ) (2022) 6(1) 12-16 DOI: 10.30631/pej.v6i1.92

K, Jatie Pudjibudojo. Bunga rampai Psikologi Perkembangan: memahami dinamika

perkembangan anak. Sidoarjo: zifatama jawara. 2019

M. khalilurrahmanAl-Mahfa, Fakta dan keajaiban salatsubuh, Jakarta Selatan: Wahyu Qolbu,

Mbeo, Deni, and Melyarmes Hodner Kuanine. "Pengaruh spiritualitas terhadap

perilaku belajar siswa." Sesawi: Jurnal Teologi dan Pendidikan, Vol. 1. No. 2 2020

M, Aminudin, Muzayin A. Pengaruh Shalat Berjamaah Terhadap Kecerdasan Emosional Santri

Di Pondok Pesantren Al-Munawwar Banyumudal Moga. Journal Article Jurnal Bashrah

(2021) 01(01) 65-71

M, A. Sardiman, Interaksi &Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

M, Mahdi, Ali, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini, Jurnal Edukasi Vol

no 2 (2015) p-ISSN; 2460-4917 e-ISSN; 2460-5794

Nasution, Aisyahnur. Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah dan

| Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol. 02 No. 02 (2023)

Available online at https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin

Implikasinya terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan.

Journal Article, al-Bahtsu (2019) 4(1)11-23

Nasution, S. Asas-Asas Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995

Nofita, Linda Sari, Shalat berjamaah Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penguatan Karakter

Islami Siswa. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, 2022

Nurkholis, M. Mutiara sholat berjamaah: meraih pahala 27 derajat. Bandung: mizania, 2007

Nur, Yessy Endah Sary, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Parama Publishing, 2015.

N, Trinovita. Pengaruh Intensitas Shalat Berjamaah Terhadap Kecerdasan Emosional Santri di

Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin. Journal Article

Spiritual Healing: Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi (2022) 2(2) 104-110 DOI:

19109/sh.v2i2.10512

Rahmaningrum, Octaviana (2021) Peran Orang Tua/Wali Murid Dalam

Menumbuhkembangkan Karakter Resiliensi Pada Anak Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah

Negeri 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo

Restian, Arina. Psikologi Pendidikan Teori & Aplikasi, Malang: UMM Press, 2015

Riberu, J. Pendidikan Agama dan Tata Nilai, dalam Sindhunata (Editor), Pendidikan;

Kegelisahan Sepanjang Zaman, Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Rosid, Aminol Abdullah, Ilmu Pendidikan Islam, Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2020

R, Azizah, Abadi a, Kajian pustaka: resiliensi dalam pembelajaran matematika, jurnal artikel

didactical mathematics 2022 vol 4 No 1 104 -110 Doi: 10.31949/dm.v4i.2061

Sagor, Richard. “Building Resiliency in Student,” Creating a Climate for Learning, Mass:

Watersun Press, 1996

Setiya, Yulis Dewi, Resiliensi Ibu Menghadapi Bencana Alam, Surabaya: Airlangga University

Press, 2022

Selvi Puspa Rahayu, I Made Suarjana, Gede Wira Bayu. Hubungan Sikap Peduli Sosial Dan

Sikap Tanggung Jawab Dengan Kompetensi Pengetahuan Ips, Journal for Lesson and

Learning Studies Vol. 3 No.1, April 2020 P-ISSN: 2615-6148, E-ISSN: 2615-7330

Shofwan,Wawan. Solehuddin, Salat berjamaah dan permasalahannya. Bandung: kelompok

humaniora, 2014

Sugono, Deny. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008

| Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol. 02 No. 02 (2023)

Available online at https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin

Suryadi, Denrich. Melenting Menjadi Resilien, Yogyakarta: CVAndi Offset,

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2015.

S, Arif. Peranan Guru Pendidikan Dalam Membina Kebiasaan Salat Berjamaah Bagi Siswa.

Journal Article Journal Of Educational Research (2022) 1(2) 253-272 DOI:

56436/jer.v1i2.73

Umam, Chotibul. Pendidikan Akhlak; Upaya Pembinaan akhlak melalui program penguatan

kegiatan keagamaan. Bogor: Guepedia, 2021

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi.

Jakarta: Pranamedia Group. 2016.

Zaimatus, Nila Septiana. Hubungan antara stres akademik dan resiliensi

akademik siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Journal Of primary

education volume

Downloads

Published

2023-12-30