TRANSFORMASI KURIKULUM PEMBELAJARAN PESANTREN DALAM PASCA ERA INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.564Keywords:
Transformasi Kurikulum Pembelajaran, Pesantren era industry 4.0Abstract
Perubahan kurikulum pembelajaran pesantren merupakan dua hal yang berkorelasi signifikan. Revolusi indstri 4.0 membawa dampak serius pada paradigm lembaga pendidikan (pesantren). Diantara wujud paradigm transformasi kurikulum pembelajaran pesantren itu adalah pergeseran dari tradisionalis ke modernis, dari yang hanya mencakup wilayah kecil menjadi lebih luas, yang hanya bisa belajar dengan guru di kelas menjadi bertemu dengan para expert dengan bantuan teknologi. Disisilain, perkembangan pengetahuan dan teknologi juga dipengaruhi oleh laju perkembangan pendidikan, pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang memperhatikan bidang pemberdayaan umat dalam mencetak insan ber-akhlak karimah di Era Revolusi Industri 4.0. Pesantren adalah sistem pendidikan klasik yang merupakan produk budaya Indonesia. Seiring dengan perubahan zaman, pendidikan di pondok pesantren juga mengalami transformasi. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini ini adalah studi literatur
References
Abd. Halim Soebahar, 2003, Transformasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Sistem Pendidikan Nasional; (Jurnal al-Adalah Kajian Keisalman dan Kemasyarakatan, Vol.6. No.3 Desember 2003
In’am Sulaiman, 2010 Masa Depan Pesantren; Eksistensi Pesantren di Tengah Gelombang Modernisasi, Malang: Madani
Robert C. Bogdan dan Biklen, Qualitative Researc ,..30
Suwendi, dalam Marzuki Wahid, dkk., Pesantren Masa Depan
Mujamil Qomar. 2004. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Penerbit Erlangga
Qodri Azizy, Depag RI. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam
SulthonMasyhud dkk. 2002. Manajemen Pondok Pesantren, Diva Pustaka
Bashori, Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren, Jurnal Ilmu Sosial Mamangan Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2017, Mohamd Darwis, revitalisasi peran pesantren di era industry 4.0, Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komonikasi Islam,, Volume 6, Nomor 1, Februari 2020, di Akses pada juni 23, 2021
Muhammad Jamaluddin, Metamorfosis Pesantren di Era Globalisasi, (KARSA: Vol. 20 No. 1 Tahun 2012), hal. 130, yang di kutip oleh RZ. Ricky Satria Wiranata, Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 1, Juni 2019, di aksess pada 23 juli, 2021
A. Malik Fadjar pada UU No. 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000-2004.