PENGEMBANGAN MADRASAH BERBASIS LITERASI (PENDAMPINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL ULUM 2 LUMAJANG)
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.565Keywords:
pendampingan guru, budaya literasi, minat bacaAbstract
Indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang yang memiliki minat baca. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan.Sehingga diperlukan kajian mengenai
pendampingan guru dalam meningkat kan minat baca peserta yaitu di Mts MiftahulUlum 2 Lumajang. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan sejak pengumpulan data secara keseluruhan, dicek kembali guna memastikan keabsahan data. Pendampingan guru dalammeningkatkanbudaya literasi berdampak pada meningkatnya minat baca peserta didik untuk membaca yang dapat dilihat di Mts 2 Banyuputih Kidul Lumajang melalui: 1) strategi survei, question, read, recite, review, 2) strategi membaca-tanya jawab/MTJ atau request (reading-question), 3) Story Telling dan Guide Readling. Kepala madrasah sebagai melaksanakan fungsinya sebagai manajer dengan menggunakan teori manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian dalam implementasi dan pengukuran ketercapaian program melalui monitoring.
References
Addinawati, Irma Rabiulya. 2019. “‘Information Literacy’ Pada Staf Pengajar SMA RSBI Di Surabaya (Studi Deskripstif Tentang ‘Information Literacy’ Pada Staf Pengajar SMA Negeri 15 Dan SMA Khadijah Di Surabaya.” Pendidikan Dan Pembelajaran 9 (2): 17–32.
Andikayana, D M, N Dantes, and I W Kertih. 2021. “PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM ( AKM ) LITERASI MEMBACA LEVEL 2 UNTUK SISWA KELAS 4 SD Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha” 11 (2): 81–92.
Antoro, Billy. 2021. “PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.” Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran) 5 (1): 1–15.
Arif, Muhamad. 2022. “PERAN GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN MINAT LITERASI MENULIS PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SEDENGANMIJEN KRIAN, SIDOARJO JAWA TIMUR.” Jurnal Ilmiah Didaktika 22 (1): 187–209.
Arikunto, Suharsimi. 2017. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif 5 (17): 43.
Basri, Muhammad. 2011. “Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan.” Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan 1 (2). https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.25.
Batubara, Juliana. 2017. “Paradigma Penelitian Kualitatif Dan Filsafat Ilmu Pengetahuan Dalam Konseling.” Jurnal Fokus Konseling 3 (2): 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099.
Budiharto, and Triyono. 2018. “LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENCIPTAAN MASYARAKAT PEBELAJAR YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN.” Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan 5 (1): 153–66.
Creswell, John W, and Cheryl N Poth. 2016. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Sage publications.
Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, and Abdul Wahab Jufri. 2020. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik” 5: 108–16.
Hadi, S. 2017. “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 22 (1): 109874. https://doi.org/10.17977/jip.v22i1.8721.
Ketut, Ni, and Erna Muliastrini. 2019. “PENGUATAN LITERASI BARU (LITERASI DATA, TEKNOLOGI, DAN SDM/HUMANISME) PADA GURU - GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya 9 (1): 131–38.
Kurnia, Novi, and Santi Indra Astuti. 2017. “PETA GERAKAN LITERASI DIGITAL DI INDONESIA: STUDI TENTANG PELAKU, RAGAM KEGIATAN, KELOMPOK SASARAN DAN MITRA.” INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi 47 (2).
Landa, Zeth Rodo, Tarsicius Sunaryo, and Hotner Tampubolon. 2021. “Pengaruh Literasi Digital Guru Dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMA Pelita Rantepao” 05 (01): 718–34.
Mardhiyah, Rifa Hanifa. 2021. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Lectura : Jurnal Pendidikan 12 (1): 29–40.
Maryuningsih, Yuyun. 2019. “UPAYA MEMBANGUN KEMAMPUAN LITERASI PADA MAHASISWA CALON GURU DENGAN MEMETAKAN POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN LEARNING CYCLE.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 6 (2): 1–18.
Patel, Mimansha. 2019. “Exploring Research Methodology : Review Article.” International Journal of Research and Review 6 (3): 48–55.
Rifki, Abdul. 2020. “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI PONDOK PESANTREN MENGGUNAKAN FRAMEWORK PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA).” Evaluasi Pembelajaran 8 (1).
Saragih, Herlina JR. 2020. “Upaya Literasi Digital Dalam Membangun SDM Unggul Pada.” Jurnal Representamen 6 (1).
Wahyuni, Siti. 2018. “OPTIMALISASI BUDAYA LITERASI MELALUI PROGRAM JOURNALING FEEDBACK.” The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching 9 (2): 938–44.
Widiyanto, Rohmat, and Iis Nurasiah. 2018. “PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS CREATIVE THINKING CALON GURU SD MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN.” Utile : Jurnal Pendidikan 13 (2): 45–51.
Widmann, Andreas, and Regina H. Mulder. 2018. “Team Learning Behaviours and Innovative Work Behaviour in Work Teams.” European Journal of Innovation Management 21 (3): 501–20. https://doi.org/10.1108/EJIM-12-2017-0194.
Zarkasyi, Ahmad. 2021a. “Quality Assurance Cadre of Assisted Teachers at Miftahul Ulum Lumajang Islamic Boarding School.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2 (1): 86–94.
———. 2021b. “STRATEGY OF EDUCATION BOARDING RAUDHATUL ULUM” 11.