STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU (STUDI MULTIKASUS DI SMPN 1 SUKODONO LUMAJANG DAN MTS. NEGERI LUMAJANG)
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.613Keywords:
Strategi, Pengembanganbudayamutu , Sekolah unggulAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mendiskripsikan realitas pengembangan budaya mutu untuk mewujudkan sekolah unggul di SMPN I Sukodono dan MTs. Negeri Lumajang, 2). Untuk mendiskripsikan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu untuk mewujudkan sekolah unggul di SMPN I Sukodono Lumajang dan MTs. Negeri Lumajang, 3). Untuk mendiskripsikan dampak pengembangan budaya mutu sekolah untuk mewujudkan sekolahunggul di SMPN 1 Sukodono dan MTs. Negeri Lumajang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui studi multi kasus.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sumber informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, tenaga kependidikan, siswa, dan masyarakat (wali murid).Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik analisis data lintas kasus.
Adapun hasil penelitian strategi pengembangan budaya mutu untuk mewujudkan sekolah unggul di SMPN 1 Sukodono Lumajang yaitu: 1.Realitas pengembangan budaya mutu: a. Realitas nilai-nilai budaya mutu yang dikembangkan yaitu nilai-nilai kedisiplinan, nilai-nilai komunikasi, nilai-nilai kerjasama, nilai-nilai komitmen kerja, nilai-nilai keterbukaan, nilai-nilai sosial, dan nilai-nilai perjuangan. b. Budaya lingkungan sekolah bersih dan sehat, c. budaya agamis, dan d. budaya prestasi. 2. Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah yaitu membentuk a. kebijakan, b. sosialisasi, c. keteladanan, dan d. evaluasi. 3. Adapun dampak terhadap sekolah efektif (unggul).
References
Afandi, Ali. Budaya Mutu Pada Sekolah Unggulan SD Sabilillah Malang, Tesis tidak diterbitkan. Malang: UniversitasNegeri Malang, 2007.
Ahmadi, LifKhoirudanAmri, Sofan. Strategi Pembelajaran Sekolah Berstandar Internasional dan Nasional. Jakarta: PT Prestasi Pustaka karya, 2010
Baharuddin dan Makin. Manajemen Pendidikan Islam, Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN press, 2010
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: CV Penerbit J-ART
DirektoratTenagaKependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2007. BudayaMutuSekolahDasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Direktorat Pendidikan menengah Umum, Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: Dit Dikmenum.
Hikmat. ManajemenPendidikan. Bandung: PustakaSetia, 2009
Muhaimun, dkk.2009. Manajemen Pendidikan, Aplikasinya Dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah.Jakarta: KencanaPredana Media Group, 2009
Mulyadi. Kepemimpinan KepalaSekolah, dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Uin Maliki Presss, 2010
Nurdiana, Tutik.2010. Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Budaya Sekolah di SMP Taman Dewasa Cangkringan, Sleman.Tesis tidak diterbitkan, Yogyakarta: UniversitasNegeri Yogyakarta, 2010
Sagala, Syaiful. KemampuanProfesional Guru dan TenagaKependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009
Susanto, A. B. Budaya Perusahaan. Jakarta: PT Elex Media Kumputindo, 1997