MEMPERKUAT MUTU PROFESI GURU MELALUI ORGANISASI PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI)

Authors

  • Universitas PGRI Ronggolawe
  • Universitas PGRI Ronggolawe
  • Universitas PGRI Ronggolawe
  • Christin Nur Aini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lailatul Mukarromah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.945

Keywords:

Mutu, Profesi Guru, Organsasi PGRI

Abstract

Tantangan guru pada saat ini adalah perkembangan zaman. Sehingga guru perlu
mengembangkan mutu sesuai dengan perkembangan zaman. Mutu profesi seorang guru
sangatlah penting dalam dunia Pendidikan. Karena dengan adanya guru yang mumpuni dan
berkualitas siswa bisa mengembangkan diri secara optimal. Sehingga peningkatan mutu profesi
guru dianggap sangat penting. Apalagi dengan adanya tugas utama seorang guru adalah
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih dan mengevaluasi peserta didik.Mutu
seorang guru sangat berkaitan dengan profesionalisme guru. Guru harus bisa menjadi fasilitator
agar peserta didik mampu berpikir kreatif dan kritis. Selain itu, guru juga harus bisa menjadi
katalisator untuk mendorong peserta didik mencapai minat dan kemampuan yang dimiliki.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (Library
Research), yaitu mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari
buku, jurnal, dan literatul lain yang layak untuk dijadikan sumber penelitian. Sehingga dengan adanya artikel ini bertujuan untuk menjadikan organisasi PGRI sebagai cara untuk memperkuat
mutu profesi guru di Indonesia.

References

Aziz, H. A. (2012). Karakter Guru Profesional . Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Fitriani, F. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Kecamatan

Manggala Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian

dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 60-63.

Fitriana, L. R. (2014). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan.

Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentarlisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia.

Jakarta: Rineka Cipta.

KBBI. (n.d.). Retrieved from https://kbbi.web.id/mutu

Mushaf, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Prawiro, M. (2020, Oktober 02). Pengertian Profesi: Ciri-Ciri, Syarat, Karakteristik, dan

Contoh Profesi. Retrieved from maxmanroe:

https://www.maxmanroe.com/vid/karir/pengertian-profesi.html

Putri, A. D. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan. Jurnal

Pendidikan Manajemen Perkantoran, 94-103.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Universitas123. (2022, Maret 11). Apa Itu Profesi? Ini Pengertian Menurut Ahli dan

Karakteristik. Retrieved from Universitas123:

https://www.universitas123.com/news/apa-itu-profesi-ini-pengertian-menurutahli-dan-karakteristik

Published

2022-12-30