Pengaruh Service Quality Dan Kualitas Produk Tabungan Haji Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BPRS Bhakti Sumekar Kab. Sumenep

Authors

  • Sofiyatul Madaniyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Setianingrum Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Retna Anggitaningsih Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55120/iltizamat.v3i1.1732

Keywords:

Produk, Tabungan Haji, Service Quality, Loyalitas Nasabah

Abstract

Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh service quality terhadap loyalitas nasabah, pengaruh kualitas  produk tabungan haji terhadap loyalitas nasabah, dan pengaruh service quality dan kualitas produk tabungan haji terhadap loyalitas nasabah secara simultan pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Kab. Sumenep. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis linier berganda. Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dengan uji statistik terlebih dahulu. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 28. Simpulan riset menunjukkan: Secara parsial menunjukan bahwa variabel service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, ditunjukkan dengan nilai signifikansi service quality sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 dan nilai t hitung 3,355 lebih besar dari t tabel 1,665. Secara parsial menunjukan bahwa  variabel kualitas produk tabungan haji berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, ditunjukkan dengan nilai signifikansi kualitas produk tabungan haji sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 dan nilai t hitung 4,522. lebih besar dari t tabel 1,665. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel independen (service quality dan kualitas produk tabungan haji) mempunyai pengaruh F hitung sebesar 20,805, sedangkan F tabel sebesar 3,10. Maka dapat disimpulkan bahwa ke dua variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, Dita Putri et al. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan)”. Administrasi Bisnis. 1 (2).

Ardiyah, Wakhidatul. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Tabungan Haji terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Demak”. Walisongo Journal. 14 (2).

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Darsono et al. (2017) Perbankan Syariah Di Indonesia Kelembagaan Kebijakan Serta Tantangan Ke Depan. Jakarta: Persada.

Kasiran, Moh. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Sukses Offset.

Kasmir. (2016). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Kotler, Philip & Armstrong. (2008). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mulazid, Ade Sofyan. (2018). “Analisis Pengaruh Service Quality, Customer Relationship Management dan Keunggulan Produk Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Syariah”, Pemikiran Islam, 19 (1).

Muslimah, Emiliawati & Wahyu Murti. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Tanda 360 Bank OCBC NISP Cabang Harco Mangga Dua”. Manajemen. 5 (1).

Nyonyie, Riska Asnawi et al. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado”. Administrasi Bisnis. 3 (1).

Petege, Agustinus et al. (2018). ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sulut Go Cabang Utama Manado”. EMBA. 6 (2).

Setiawan, Dedi & Erni Masdupi. (2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Taplus BNI Cabang Solok”. Tesis. Program Magister Manajemen Universitas Negri Padang.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Jakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyanto. (2011). Ekonomitrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Suryati, Lili. (2015). Manajemen Pemasaran Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakata: CV Budi Utama.

Susanto, Herry & Wido Damayati. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Loyalitas Konsumen”. Ekonomi Bisnis. 1 (2).

Tajudin, MH & Ade Sofyan Mulazid. (2017). “Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok”. Ekonomi Islam.

Yudiadari, Ni Komang Pani & Made Dian Putri Agustina. (2020). “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan-Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karang Asem”. Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata. 1 (2).

Zahrariah, Aminatus. (2018). Diklat Apengajaran Aplikasi Komputer Statistik (Teori dan Aplikasi dengan SPSS 22). Jember: T.P.

Zulfah, Lailatul. (2008). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Haji PT. BNI Syariah Tbk. Cabang Jakarta Timur”. UIN Syarif Hidayatullah.

Published

2024-02-21

Issue

Section

Articles