Analisis Etika Bisnis Islam dalam Strategi Marketing Mix Produk Air Mineral “Afiyah” di CV. Telaga Semeru Lumajang

Penulis

  • Istiqomariyah Fresh Graduate Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang Jawa Timur Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55120/iltizamat.v1i1.473

Abstrak

Etika bisnis Islam merupakan norma bersumber dari Qur’an dan hadits yang dijadikan pedoman untuk bertindak, bersikap, bertingkah laku serta membedakan antara yang baik dan buruk dalam melakukan aktivitas bisnis dan merupakan sejumlah perilaku etis bisnis (Akhlaq al-Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syari’ah yang mengedepankan halal dan haram. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana strategi pemasaran air mineral produk Afiyah serta pandangan etika bisnis islam dalam strategi pemasaran air mineral produk Afiyah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan editing, classifing, verifying, analyzing, dan concluding. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang digunakan CV. Telaga Semeru adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang berupa strategi produk, strategi harga, strategi lokasi (distribusi), dan strategi promosi, strategi pemasaran di CV. Telaga Semeru menggunakan strategi direct selling atau penjualan langsung, yakni penjual akan menjual secara langsung produknya kepada konsumen, caranya dilakukan dengan door-to-door atau menemui konsumen secara langsung. Strategi pemasaran yang dilakukan CV. Telaga Semeru sesuai dengan etika bisnis Islam karena dalam pemasarannya menerapkan prinsip seperti: Shiddiq sifat kejujuran (kebenaran), Amanah dapat dipercaya (bertanggung jawab), Fathonah kecerdasan (kebijaksanaan), dan Tabligh komunikatif (argumentatif).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdi, Moh Khoiri dan Febriyanti, novi. Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. el-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB). 10 (2). Oktober 2020.

Alma, Buchari. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta. 2009.

Alwi, Zulfahmi. et.al. An Assessment on Islamic Banking Ethics Through Some Salient Points in the Prophetic Tradition. Heliyon. 7 (5). May 2021.

Amalia, Fitri. Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah. 6 (1). 2013.

Amrin, Abdullah. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo. 2007.

Arifin, Johan. Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo Press. 2009.

Badroen, Faisal .et.al. Etika Bisnis Dalam Islam. Cet. IV. Jakarta: Prenada Media Group. 2015.

Cahya, Agus Dwi. et.al. Pengaruh Marketing MixTerhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Konveksi Ega Collection. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas. 23 (2). Juli 2021.

Debora, Leawaty & Sulistiadi, Wahyu. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review. Jurnal ARSI. 5 (1). 2018.

Halifah. Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam komunikasi Pemasaran Pada Butik Moshaict Surabaya. Jurnal Kajian Bisnis. 9 (1). 2013.

Hidayat, Dany. Pencapaian Maslahah Melalui Etika Bisnis Islam Studi Kasus Restoran Mie Akhirat. Jurnal JESTT. 2 (11). November 2015.

Idri. Hadits Ekonomi dalam Perspektif Hadits Nabi. Jakarta: Prenada Media Group. 2015.

Jakfar, Kasmir. Studi Kelayakan Bisnis. Cet. XII. Jakarta: Prenada Media Group. 2016.

Kertajaya, Hermawan. Syari’ah Marketing. Cet. III. Bandung: Mizan. 2008.

Luthfi, Adhiimsyah & Widyaningrat, Aldila Intaniar. Penerapan Marketing Mix Dalam Meningkatan Penjualan Jasa Bisnis Perhotelan. UNEJ e-Proceeding. 2018.

Mohamad, Roni & Rahim, Endang. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Perspektif Syariah. Mutawazin: Jurnal Ekonomi Syariah. 2 (1). April 2021.

Morimura, Fumikazu & Sakagawa, Yuji. Information Technology Use in Retail Chains: Impact on the Standardisation of Pricing and Promotion Strategies and Performance. Journal of Retailing and Consumer Services. 45. November 2018.

Muhammad. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. 2004.

Mulyandi, M. R. & Sani, Estika P. Pengaruh e-Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada e-Commerce di Indonesia). IKRA-ITH Ekonomika. 3 (1). Maret 2020.

Mussola, Sarah.et.al. Developing in-Store Brand Strategies and Relational Expression Through Sales Promotions. Journal of Retailing and Consumer Services. 47. March 2019.

Nadjib, Mochammad. Investasi Syari’ah. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2008.

Nizam bin Salahudin, Shahrul.et.al. The Effect of Islamic Work Ethics on Organizational Commitment. Procedia Economics and Finance. 35. 2016.

Pertiwi, Marina Intan .et.al. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 37 (1). Agustus 2016.

Puspitasari, Ira. Analisis Praktik Etika Bisnis Syariah (Studi Kasus Pasar Leuwiliang). Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah. 3 (1). Januari 2019.

Ratih, Hurriyati. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. 2005.

Rianti. Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Transaksi Jual Beli pada Marketplace Lazada. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research. 1 (1). Januari-Juni 2021.

Sampurno, Wahyu Mijil. Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Journal of Islamic Economics Lariba. 2 (1). 2016.

Wassid, Iskandar & Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.

Zainul, Norazlina.et.al. E-Commerce from an Islamic Perspective. Electronic Commerce Research and Applications. 3. 2004.

Zuliatin. Pengaruh Personal Selling, Direct Selling dan Hubungan Masyarakat Terhadap Kepuasan Nasabah: Studi Kasus pada BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro Blitar. An-Nisbah. 03 (01). Oktober 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles