PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP TERHADAP PEMBELAJARAN NAHWU PADA MAHASISWI PRODI PERSIAPAN BAHASA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AS-SUNNAH
Kata Kunci:
bahasa arab, peta pikiran nahwu, media pembelajaran, tata bahasa, pengaruh mediaAbstrak
Media pembelajaran adalah salah satu pendukung dalam proses belajar dan memiliki dampak positif terhadap pemahaman materi. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media peta pikiran (Mind Map) terhadap pemahaman tata bahasa di kalangan mahasiswi di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah untuk Program Persiapan Bahasa. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan kuantitatif dengan jenis eksperimen, menggunakan desain True Experimental Design dengan pendekatan Posttest Only Control Group Design, dan analisis data dilakukan secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai mahasiswi dalam pembelajaran nahwu menggunakan media peta pikiran di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah untuk Program Persiapan Bahasa adalah 68, sedangkan rata-rata nilai mahasiswi dalam pembelajaran nahwu tanpa menggunakan media tersebut adalah 53. Dengan demikian, hasil belajar mahasiswi dalam pembelajaran Nahwu menggunakan media peta pikiran lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan media tersebut. Hasil sig 2-tailed dalam uji T adalah 0,040, yang lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, yang berarti ada pengaruh positif dari penggunaan media peta pikiran terhadap pemahaman tata bahasa di kalangan mahasiswi di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah untuk Program Persiapan Bahasa.