PARADIGMA PERKEMBANGAN KURIKULUM DARI K13 KE KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v4i2.2141Keywords:
Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Artikel ini membahas paradigma perkembangan kurikulum dari K13 ke Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) yaitu dengan cara menghimpun data dari berbagai sumber literatur dengan cara meliputi buku-buku, prosiding seminar nasional, dan artikel-artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian yang sedang dilakukan K13 menekankan pada pendekatan tematik integratif dengan mengutamakan kompetensi siswa melalui pembelajaran berbasis penguatan literasi, penanaman karakter, serta penerapan asesmen autentik. Pada kurikulum ini, materi pembelajaran Bahasa Indonesia disusun secara terpadu dengan berbagai mata pelajaran lainnya, dan lebih fokus pada pencapaian kompetensi dasar serta indikator pencapaian yang telah ditetapkan.. Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI memiliki ciri khas yang berbeda, antara lain penekanan pada pemahaman dan keterampilan literasi, pembelajaran berbasis proyek, serta penanaman nilai-nilai kemandirian dan kreativitas. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka juga lebih mengutamakan pengembangan kompetensi melalui pendekatan yang lebih fleksibel dan berbasis pada potensi serta kebutuhan lokal siswa. Selain itu, asesmen pada Kurikulum Merdeka bersifat formatif dan diarahkan pada pencapaian perkembangan siswa secara holistik, bukan sekadar mengukur hasil akhir.
References
Baharun, Hasan. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Yogyakarta: Pustaka Nurja.
Kristiawan, Muhammad. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
Mesiono. (2018). Efektifitas Manajemen Berbasis Madrasah/Sekolah Perspektif Ability And Power Leadership. Yogyakarta: PPMPI.
Yanti Kusuma. Analisis Komunikatif Peserta Didik pada Pokok Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Dawuh: Vol.1, No.3, November 2020
Yuentie Sova Puspidalia. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia Vol. 10 No. 1 Juni 2012
Ummul Khair. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. ARRIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018
Kristiawan, Muhammad. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
Nurhasanah, Siti, Agus Jayadi, dan Rika Sa’diyah. (2019). Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Edu Pustaka.