KONSEP POLA ASUH ANAK DALAM MEMBANGUN GENERASI QUR’ANI (STUDI EDUKATIF Q.S LUQMAN AYAT 13-19)

Authors

  • Nabila Amalia IAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Diana Durrotul Lum’ah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Imaniar Mahmuda Institut Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v4i2.2313

Keywords:

Pola Asuh Anak, Generasi Qur’ani, Q.S Luqman ayat 13-19, Pendidikan Karakter

Abstract

Degradasi moral merupakan fenomena yang nyaris melanda masyarakat Indonesia di semua kalangan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mempelajari metode pengasuh Qur'ani yang ditemukan dalam Surat Luqman ayat 13–19 sebagai model pendidikan untuk membentuk generasi Qur'ani. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan. Penelitian ini menyelidiki literatur tafsir klasik dan kontemporer serta literatur pendidikan Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima komponen utama terlibat dalam perawatan Luqman terhadap anaknya: tauhid, kesadaran akan pengawasan Allah, pendidikan ibadah dan akhlak, pembentukan etika sosial, dan cara berkomunikasi yang penuh kasih sayang dan hikmah. Membentuk orang yang beriman, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab secara sosial sangat dipengaruhi oleh prinsip-prinsip ini. Pola asuh ini tidak hanya relevan untuk keluarga Muslim; juga dapat dimasukkan ke dalam sistem pendidikan formal dan non-formal untuk membangun generasi yang berkarakter Islami dan mampu menghadapi tantangan zaman. Dengan menggunakan Al-Qur'an sebagai landasan pendidikan, generasi Qur’ani diharapkan dapat membangun secara menyeluruh dalam hal spiritual, moral, dan sosial.

References

Abror, Pathil. “Konsep Pola Asuh Orang Tua Dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 4, no. 1 (2016): 65–91. https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.540.

Aini, Syaripah, and Amiruddin. “Pola Asuh Qur’ani: Studi Edukatif Surat Luqman Dalam Membangun Generasi Rabbani.” Kartika: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2025): 386–97.

Amalia, Nabila Nailil, and Siti Aisyah. “A REKONSTRUKSI POLA PIKIR BERPENDIDIKAN DALAM KONSEP ILMU PENGETAHUAN QS AL-MUJADALAH: 11 DAN AZ-ZUMAR: 8-9.” SIRAJUDDIN: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2 (2024): 12–23.

Amalia, Nabila Nailil, and Husnaini Jamil. “Strategi Revitalisasi Pelajaran PAI Untuk Membangun Harmoni Antarumat Beragama Di Maluku.” Tasqif: Journal of Islamic Pedagogy 2, no. 1 (2025): 13–24.

Asbarin, Asbarin, Kumillaela Kumillaela, and Dita Armitha Sari. “Peran Pendidikan Berbasis Pesantren Dalam Mewujudkan Indonesia Madani Di Era Globalisasi.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3, no. 2 (2018): 127–41.

Chu, Heting. “Research Methods in Library and Information Science: A Content Analysis.” Library & Information Science Research 37, no. 1 (2015): 36–41. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lisr.2014.09.003.

Khotimah, Afifah Khusnul, Muhammad Nur Kholis Al Amin, Fattah S Santoso, Dudin Shobaruddin, and Nurul Yusri. “Penanaman Agama Pada Keluarga Muslim Dari Pernikahan Di Bawah Umur.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 3, no. 1 (2024): 31–44. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.2223.

Kusuma, Herwin Wijaya, Darmawi Darmawi, and Sibuan Sibuan. “Islamic Parenting: Pola Asuh Anak Dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 18, no. 4 (2024): 2412. https://doi.org/10.35931/aq.v18i4.3600.

Muthma’innah, Muthma’innah. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 2023. https://doi.org/10.61456/tjiec.v3i1.72.

Rahma, Annisa. “Penyampaian Pesan Moral Dalam Islam Studi Kasus Ayat-Ayat Surat Luqman (31:16-19).” Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal 2, no. 2 (2024): 937–48. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i2.149.

Rendi, Rendi. “Pendidikan Sepanjang Hayat Dan Pendekatan Androgogi.” An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 108. https://doi.org/10.32678/annidhom.v4i1.4427.

Ridwan, Iwan. “Konsep Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Perspektif Islam (Qs : Lukman Ayat 12-19).” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 2019, 121–39.

Zulaiha, Eni. “Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma, Dan Standar Validitasnya.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya 2, no. 1 (2017).

Downloads

Published

2025-06-30